halo@chebira.com

Senin - Jumat : 07:00 - 14:00
0816262579

Mengapa membaca penting untuk pengembangan anak

Bayi mulai mendengar suara anda sekitar 16 minggu selama di kandungan, sehingga mereka mulai belajar bagaimana untuk mendengarkan di dalam rahim. Sewaktu bayi mengembangkan pendengarannya, mereka akan mulai mendengar suara-suara lain selain suara ibu mereka dan bahkan dapat mengenali suara-suara setelah ia lahir. Seorang bayi mirip dengan spons,mengambil segala sesuatu yang ia mendengar atau melihat, bahkan sebelum mereka lahir. Anda harus mulai mengubah cara anda sebelum anda hamil atau selama tahap awal kehamilan anda.

Manfaat untuk memperkenalkan bacaan pada usia dini

Membaca membantu mengembangkan keterampilan bahasa reseptif anak anda yang merupakan bagian penting dari belajar berkomunikasi. Membaca membantu meningkatkan kosa kata mereka. Banyak anak-anak menyukai rutinitas, interaksi, pelukan, dan perhatian yang mereka terima saat mereka sedang membaca. Balita mencintai waktu cerita interaktif. Sehingga sangat penting untuk menemukan cara untuk melibatkan mereka selama waktu cerita. Anda dapat meminta mereka pertanyaan tentang gambar dalam buku atau menemukan cara untuk berhubungan cerita untuk skenario kehidupan nyata. Anda dapat meminta anak anda untuk menunjukkan obyek dalam buku yang mereka kenal. 

Biasakanlah membaca secara rutin sebelum tidur

Setelah bayi anda lahir, aAnda dapat menggabungkan membaca dalam waktu tidur rutin anak anda. Bayi mungkin tidak mengerti apa yang anda katakan, tetapi mereka dengan cepat belajar irama bahasa. Mereka juga senang mendengar suara berulang-ulang dan kata-kata, sehingga sangat penting untuk menemukan buku yang memiliki kata-kata yang berulang-ulang. Seorang bayi memiliki rentang perhatian yang pendek sehingga sangat penting bahwa anda menjaga bayi anda tertarik, anda dapat melakukan ini dengan memvariasikan suara anda.

Kapan aku harus mulail membaca untuk bayiku?

Membaca untuk bayi anda sangat penting dan membantu mengembangkan keterampilan komunikasi mereka pada usia dini. Bahkan, anda dapat mulai membaca untuk bayi anda sejak mereka masih di dalam kandungan. Sewaktu di dalam rahim, bayi anda tidak akan mengerti apa yang anda katakan tetapi membantu mereka mengembangkan keterampilan mendengarkan mereka.

Carilah buku yang mendapat perhatian anak anda agar tertarik dengan membaca

Ketika bayi anda menjadi lebih tertarik untuk melihat buku, Anda akan menemukan bahwa mereka suka buku berwarna cerah yang memiliki bentuk, binatang, angka, dll. Jenis buku yang besar untuk memperkenalkan kosakata baru ke bank memori anak anda. Ingat anda tidak perlu membaca anak anda seluruh buku untuk menjadi bermanfaat jika anak anda gelisah dan menunjukkan tanda-tanda bahwa ia tidak tertarik. Anda ingin anak anda untuk mengembangkan suka membaca dan menikmati mendengarkan suara Anda.

Komentar

WhatsApp Logo