halo@chebira.com

Senin - Jumat : 07:00 - 14:00
0816262579

Taukah anda Montessori bisa menghemat waktu orang tua!

Dapatkah salah satu prinsip Montessori dapat menghemat waktu setiap minggu atau menambahkan waktu pada hidup anda?
Sebaiknya percaya!
 
Di Kelas

Di kelas Montessori setiap kegiatan memiliki rak untuk masing-masing kegiatan. Ketika anak mulai beraktifitas, mereka menuju ke rak yang mereka inginkan, memilih alat / pekerjaan, membawa baki yang berisi alat kerja yang mereka pilih, kemudian bekerja di tempat kerja yang sudah disiapkan. Setelah mereka selesai, mereka membawa dan meletakkannya kembali di rak seperti semula.

Anak belajar untuk bertanggung jawab atas tempat kerja mereka sendiri, proses sederhana ini untuk melatih kebiasaan mereka. Aktifitas ini bisa digunakan setiap hari, agar membentuk kebiasaan positif, dan hal ini akan membantu mereka untuk terus berusaha menciptakan lingkungan yang tertib.
 
Membawa Konsep Montessori ke rumah

Orang tuapun dapat menerapkan prinsip yang sama di rumah. Memiliki tempat yang jelas untuk setiap barang dan ruangan yang sudah ditentukan untuk bermain (belajar atau bekerja). Ajarkan anak proses yang paling mudah diterapkan dirumah. "Silahkan keluarkan barang, gunakan, dan kembalikan seperti semula ". Yang paling penting adalah mereka selesaikan dahulu aktivitas pertama mereka, baru bisa melanjutkan aktivitas yang lain.
Selain itu manfaat utama (anak belajar ketertiban dan tanggung jawab) ini akan menghemat waktu yang seharusnya dapat digunakan untuk yang lain daripada menghabiskan waktu untuk membersihkan. Biarkan anak-anak mengerjakan sendiri apa yang mereka bisa lakukan sendiri. Anak-anak mampu mencapai harapan yang orang tua tetapkan dengan cara mereka sendiri. Intinya hargailah mereka. Manfaat lain adalah bahwa orang tua tidak perlu menghabiskan waktu mereka untuk membereskan apa yang sudah anak-anak kerjakan.

Komentar

WhatsApp Logo